Kamis, 24 Maret 2016

Jenis - Jenis Batu Yang Digunakan Untuk Pondasi Rumah

Batu merupakan bahan inti yang digunakan sebagai pondasi sebuah rumah. Adapun jenis batu yang biasa digunakan ialah batu belah, batu bulat, batu karang dan batu blondos.

Batu belah

Batu belah berasal dari batu bulat berukuran besar yang kemudian dipecahkan menjadi bongkahan-bongkahan kecil. Batu belah sangat baik untuk pondasi lajur dan pondasi setempat karena ujungnya runcing sehingga satu dan lainnya akan saling mencengkeram cukup kuat dalam pondasi. batu bulat yang baik harus keras, padat, bersih dan tidak lapuk.

Batu belah


Batu Bulat

Batu bulat berasal dari kali (sungai) dan gunung. ciri-ciri batu bulat berwarna abu-abu agak kehitaman, berbentuk bulat tidak sempurna sebesar bola sepakbola. batu bulat yang baik untuk pondasi adalah yang tidak terlalu besar, cukup keras, bersih dan tidak memperlihatkan tanda-tanda lapuk.

Batu Bulat






Batu Karang

Batu Karang berwarna putih atau kuning muda. batu ini berasal dari laut dan pantai. Batu karang yang baik mempunyai kepadatan pada patahannya, kuat, keras, bersih, tanpa garis-garis kelapukan. sebaiknya dipilih batu karang yang sudah dibelah-belah agar pada waktu pemasangan satu sama lainnya dapat saling mencengkeram dengan kuat.
batu karang


Batu Blondos

Batu ini asalnya sama dengan batu bulat, yaitu dari kali (sungai) dan gunung. hanya saja bentuknya  sebesar kepalan tangan orang dewasa. Batu ini juga sering disebut sebagai batu kosongan. Batu blondos berwarna hitam keabuan dan digunakan sebagai lapiasan aanstamping pada pondasi lajur atau pondasi setempat. Batu Blondos yang baik harus kuat, keras, bersih dan tidak lapuk.

Batu blondos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar