Kamis, 24 Maret 2016

Apa Itu Pondasi

Pondasi merupakan dasar bangunan yang menyalurkan beban bangunan ke tanah yang ada di bawahnya. Karena tanpa pondasi, sebuah rumah ataupun bangunan apapun tidak akan kokoh dan kuat sehingga menjadi tidak aman bila ditempati. setiap bangunan memerlukan sistem pondasi yang berbeda-beda, bergantung pada kondisi tanah dasarnya.

sistem dan konstruksi pondasi juga bisa dipilih yang bersifat ekonomis, biaya pembangunan dan pemeliharaan yang rendah tanpa mengurangi kekokohan konstruksi bangunan secara keseluruhan. Hal yang mempengaruhi besar kecilnya biaya pembuatan pondasi yaitu galian tanah, volume, jenis tanah, harga bahan, pengangkutan dan upah pekerja. pemilihan jenis pondasi memerlukan pengetahuan tentang sifat dan kekakuan tanah dasar, konstruksi pondasi, cara-cara pelaksanaan pembuatan pondasi, bahan bangunan, dan perhitungan kekokohan serta stabilitas

ada bermacam-maca jenis pondasi yang biasa digunakan untuk rumah tinggal, yaitu pondasi umpak atau pondasi setempat, pondasi rollag, pondasi lajur dari batu,dan pondasi foot plat (telapak beton).

pondasi batu belah
pondasi rollag bata
pondasi foot plate

Tidak ada komentar:

Posting Komentar